Tentang Kami

Share Button

pustaka_indonesia

Bahwa kita adalah bangsa besar, tak diragukan lagi. Dengan jumlah penduduk hampir seperempat milyar orang, Indonesia menduduki negara dengan populasi terbesar keempat, setelah China, India, dan Amerika.

Sumber daya alam kita, siapa yang tak iri? Ribuan pulau menandai aset maritim kita yang menyimpan kekayaan tak terkira. Beraneka bahan tambang tersimpan di perut bumi kita. Matahari bersinar sepanjang tahun di negeri ini. Iklim tropis telah menghadirkan sumber daya hayati kita paling beragam.

Tak heran, di masa pendudukan, banyak negara berebut tanah subur ini. Tak berlebihan, banyak yang mengatakan, negeri ini ibarat pecahan surga yang dilempar ke dunia.

Ironisnya, kekayaan sumber daya alam tak paralel dengan kualitas sumber daya manusia. Jumlah penduduk kita terbesar nomor empat, tetapi kualitas pendudukunya menduduki peringkat 124 dari 187 negara. Beragam persoalan pun tak kunjung reda mendera bangsa ini. Mulai dari sparatisme, terorisme, kepemimpinan, sampai korupsi. Jika kita simak pemberitaan media, hampir sepenuhnya berisi sisi gelap kehidupan berbangsa kita.

Masalah tak boleh memupus harapan. Apapun persoalan kita, keyakinan akan kejayaan harus tetap tersimpan di dada. Kita harus meyakini kejayaan bangsa itu ada di depan, menanti kesungguhan dan kesiapan kita untuk menggapainya. Dulu, Sriwijaya, Majapahit Berjaya, maka pada saatnya nanti Nusantara akan kembali berkibar.

Dalam konteks inilah, Pusat Kajian Kebangsaan (Pusaka) Indonesia hadir, berikhtiar memberi kontribusi pemikiran untuk kemajuan bangsa.

Pusat Kajian Kebangsaan (PUSAKA) Indonesia

Sekretariat:
Jl. Gurame Q4 No. 1
Bojongsari, Kembaran
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Phone: (0281) 6841948 / 081225946482
Fax: (0281) 6841948

Pengurus:

– Ketua : Dr. Toto Sugito, M.Si
– Sekretaris: A.G. Setyawati, S.Pd.
– Ketua Divisi Kajian: Edi Santoso, M.Si
– Ketua Divisi Pemberdayaan Masyarakat: Sobali, M.Si