Berburu Foto Pancasila

Share Button

berburu foto pancasila

Sabtu pagi, 15 Juni 2013, suasana di Taman Flora Bratang, Surabaya, nampak lebih meriah dari biasanya. Bahkan sejak pukul 06.00, puluhan siswa SLTA sudah berdatangan ke kawasan yang dulunya dikenal sebagai kebun bibit itu. Mereka adalah sebagian dari peserta Lomba Fotografi Pancasila, yang bersiap untuk berkompetisi dengan sesama rekannya siswa SMA, MA, atau SMK se Kota Surabaya. Kamera, ‘senjata’ utama dalam kegiatan ini, nampak sudah ditangan mereka.

Lomba dibuka pada pukul 06.30, dengan pendaftaran ulang para peserta. Sampai pendaftaran ditutup, tepat pukul 07.30, tak kurang 100 siswa tercatat sebagai peserta. Sebelum mereka hunting foto, panitia kembali mengigatkan ketentuan lomba. “Semua peserta harus menyerahkan hasil foto beserta narasi ke panitia pukul satu siang,” tandas Doni, Ketua Panitia Lomba.

Lomba foto ini, lebih diarahkan untuk mengasah kepekaan siswa dalam membaca fenomena di sekitar kita, terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila. “Aspek teknis fotografi tak terlalu dipentingkan, tetapi kami lebih mengapresiasi kemampuan simbolik peserta dalam mempresentasikan secara visual fenomena keseharian yang lekat dengan nilai-nilai Pancasila,” tambah Doni.

Begitu briefing dari panitia selesai, para peserta segera menyebar ke berbagai arah, baik di dalam kawasan Taman Flora maupun ke kawasan di sekitarnya. Dengan tas ransel dan kamera di tangan, mereka berburu gambar layaknya wartawan foto profesional. Beberapa kegiatan yang berlangsung di Kota Pahlawan pagi itu menjadi sasaran beberapa peserta, misalnya acara penanaman pohon di kawasan jalur hijau oleh Global Community Citi Bank beserta siswa-siswa SLTPd, di jalan Soekarno.

Hasil jepreten mereka, kemudian ditambahkan narasi, sebelum diserahkan pada panitia. Nama-nama pemenang akan diumumkan esoknya, pada hari Minggu, 16 Juni 2013, setelah acara Diskusi Pancasila, yang juga dihelat di Taman Flora. Total hadiah sekitar Rp 3 juta, trophy dan piagam dari Walikota Surabaya siap diberikan kepada para pemenang. Acara ini terselenggara atas kerjasama Pusaka Indonesia, Tunas Hijau, dan Pemkot Surabaya. (*)



About admin