Prestasi “Sepele” Anak Bangsa yang Membelalakan Mata Dunia  

Share Button

bangga-jadi-orang-indonesia

Kecil tapi bermakna, kadang hal ini tak terlintas dalam pikiran kita. Ada banyak prestasi anak Indonesia yang dikenal dan bahkan digunakan oleh dunia, tetapi masih sedikit yang diwartakan kepada kita. Sungguh sayang kondisi ini, tetapi bagi yang sudah tahu pasti akan sangat bangga. Berikut ini beberapa kesuksesan anak bangsa:

  1. PT.PAL sukses bikin salah satu kapal terbaik didunia “Star 50″ berbobot 50,000 ton. Salah satu Negara yg pesan kapal ini adalah Singapura. star-50-ship.
  2. Di Singapura gamelan jadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.
  3. Pabrik/manufaktur Mattel (boneka Barbie USA) hanya ada 2 didunia yaitu di China da n di Jababeka, Cikarang.
  4. Brand internasional yg amat prestisius, Gucci,menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.
  5. Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova yg sepenuhnya diproduksi di Indonesia.
  6. Bunga nasional Korea Utara yg amat popular Kimilsungia, berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno.
  7. Tahukah Anda, airbridge –tangga belalai menuju pintu pesawat yg ngetrend di bandara2 dunia kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia
  8. Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan Nelson Mandela,setelah berhasil menghapus Apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan perjuangan Syekh Yusuf dari Makassar.
  9. Dalam Special Edition TIME magazine on Asian Heroes, penyanyi Iwan Fals dan Aktris Christine Hakim jadi cover Majalah Time.
  10. Mobil prestisius, Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia, yg pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah.
  11. Presiden RI ke-3, BJ Habibie adalah pemegang 46 paten dibidang aeronautika dunia.
  12.  Menara Kuala Lumpur dirancang oleh putra Indonesia, Ir.Achmad Murdijat alumni ITB.
  13.  Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia.
  14. Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan diberbagai etalase dimall-mall kelas atas di 32 negara diseluruh penjuru dunia & dipakai Paris Hilton,Zara Phillips,Emma Thomson,& Audrey Tatou.
  15. David Foster mengaku,lagu ciptaanya ‘To Love You More’ yg dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik Keroncong Indonesia.
  16. Batik indonesia disukai dan sering kali dipakai oleh Ratu elizabeth II, Ratu Sophie, Ratu Juliana bahkan Bill Clinton.
  17. Hasil kerajinan batik kayu indonesia di Desa Sendangsari, Bantul, telah menembus pasar mancanegara, yaitu Asia, eropa, dan Timur Tengah.
  18.  Bahasa minions dalam film animasi ‘Despicable Me 2’ adalah campuran bahasa Spanyol, Italia, Inggris, Yunani, dan Indonesia.
  19.  Bahasa Indonesia ada di peringkat 4 sebagai bahasa terbanyak yang digunakan di platform penerbitan konten internet wordPress
  20.  Masakan seperti Ayan Penyet, Nasi Padang, Pisang Goreng, Cendol, masuk sebagai ’40 singapore food we can’t live without’ versi CNNGo.
  21.  Timah dari Pulau Bangka Belitung mempunyai peranan penting dalam bahan baku pembuatan smartphone di seluruh dunia.
  22.  Lagu tradisional Indonesia seperti Nina Bobo dan Benggawan solo sudah terkenal di dunia.
  23.  Michael Reynold Tagore adalah orang Indonesia yang menjadi animator dalam film The Hobbit, The Avenger, dan Iron Man 3.
  24.  Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia dengan jumlah pulau yaitu 17.508 buah.
  25.  Pulau dewata Bali merupakan 1 dari 10 pulau paling romantis di dunia. (Majalah Travel +leisure)
  26. Adegan Julia Robert bersepeda dalam film ‘Eat Pray Love’ membuat Ubud, Bali, masuk kedalam 10 lokasi paling juara kategori tempat spiritual
  27.  David Foster mengaku, lagu ciptaannya ‘To Love You More’ dari Celine Dion terinspirasi dari musik keroncong Indonesia
  28. Waterboom Bali masuk kedalam daftar 10 tempat hiburan dan waterpark terfavorit di Asia, mengalahkan Disneyland Tokyo dan Hongkong.
  29. Tema background email Gmail ‘Cerry Blossom’ di buat oleh orang indonesia bernama Vania sofiandi.
  30.  Di Den Haag ada jalan Munirstraat, yang di dedikasikan untuk Munir, pejuang HAM yang meninggal dalam pesawat yang membawanya ke Belanda
  31.   Artina Prastiwi dari Indonesia adalah penemu vaksin penghambat virus flu burung, yang terbuat dari ekstrak buah Mahkota Dewa.
  32.  Indonesia memliki primata terkecil di dunia, Tasier Pygmy (Tarsius Pumilus), yang hanya ada di Sulawesi.
  33. Melihat matahari terbit di Candi Borobudur masuk peringkat #1 dari daftar tempat paling indah sebelum seseorang R.I.P (CNN).
  34.  Delegasi organisasi petani dunia ‘La Via campesina’ menilai petani Indonesia salah satu kelompok masyarakat terbaik di dunia.
  35. Suku asli Madagascar bernama Afro-Indonesian karena orang Indonesia yang pertama menghuni sekitar ribuan tahun lalu..

Berbagai sumber

 



About admin